RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
IPK:
3.3.1/IPK 4.3.1
Sekolah :
SMP Hang Kasturi Batam
Mata Pelajaran : IPS Kelas/Semester : VII (
tujuh )/Genap
Sub Materi Pokok :
Kelangkaan sebagai Sumber Permasalahan Ekonomi
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
(Pertemuan ke-1)
TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui Model Problem Based
Learning peserta didik diharapkan mampu menjelaskan kelangkaan sebagai permasalahan ekonomi manusia dengan
tepat.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan/
Sintaks
|
Deskripsi Kegiatan
|
PPK
|
Waktu
|
|||
Pendahuluan
|
1.
Mengucapkan salam, mengecek kebersihan kelas,
berdoa, menyanyikan lagu nasional, dan absensi.
2.
Memberi motivasi dengan bertanya
terkait
kelangkaan sumber daya.
Misalnya: “Apa yang terjadi
apabila sumber
daya yang tersedia terbatas?
|
Religius
Nasionalis
Peduli lingkungan
|
5’
|
|||
Kegiatan Inti
Tahap – 1
Orientasi peserta didik pada masalah
4Cs
HOTS
|
Creativity
Thinking and innovation
a)
Guru menayangkan video
atau gambar tentang kelangkaan sumber daya terkait harga cabai semakin
melonjak
b) Peserta didik membuat pertanyaan tentang video atau gambar tersebut.
· Bagaimana perbandingan kehidupan
ekonomi masyarakat kota dan masyarakat desa!
· Apakah semua kebutuhan masyarakat kota
dapat terpenuhi tanpa dukungan masyarakat desa atau sebaliknya?
· Apakah semua alat pemenuhan kebutuhan
berupa barang dan jasa tersedia pada masing-masing masyarakat kota dan desa?
·
Bila
tidak tersedia alat pemenuhan kebutuhan secara lengkap, bagaimana cara mereka memenuhi kebutuhannya?
|
Rasa ingin tahu
Berpikir kreatif
|
10’
|
|||
Tahap – 2
Mengorganisasi peserta didik |
Collaboration
Peserta
didik berbagi peran/tugas untuk menyelesaikan masalah:
|
Kerjasama
|
5’
|
|||
Tahap – 3
Membimbing peyelidikan |
Critical
Thinking and Problem Solving
a)
Guru
mendorong peserta didik untuk mengumpulkan informasi yang sesuai, untuk
mendapatkan penjelasan dan pemecahan masalah
b)
Peserta didik mencari informasi secara berkelompok terkait
butir-butir soal
|
Berpikir kritis
|
20’
|
|||
Tahap – 4
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya |
Collaboration
a)
Guru
membantu peserta didik dalam merencanakan dan menyiapkan laporan yang sesuai (mengubah
moda audio visual menjadi moda teks), serta membantu mereka untuk berbagi tugas dengan temannya.
b) Peserta didik menyusun laporan hasil penyelesaian
masalah, misalnya hasil wawancara, mengamati, membrowsing atau literature.
|
Berpikir kreatif
|
20’
|
|||
Tahap – 5
Menganalisis & mengevaluasi proses
pemecahan
masalah.
|
Communication
a)
Guru meminta
peserta didik melakukan presentasi untuk menyajikan hasil laporan yang telah
mereka buat kepada teman-temannya.
b)
Guru
mendiskusikan dan mengingatkan kembali langkah-langkah pemecahan masalah yang
telah ditetapkan sebelumnya oleh peserta didik.
c)
Membimbing
peserta didik membuat kesimpulan kegiatan pembelajaran
|
Komuni-
katif
|
10’
|
|||
Penutup
|
1. Melakukan refleksi dan
umpan balik.
2. Memberikan
penugasan membuat makalah tentang kelangkaan sumber daya.
3. Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
4. Peserta didik mengucapkan salam penutup kepada gurunya.
|
Mandiri
Kreatif
Religius
|
10’
|
PENILAIAN
Penilaian Sikap: Observasi/Jurnal;
Penilaian
Pengetahuan: Tes Tulis, Penugasan;
Penilaian Keterampilan: (1) Unjuk Kerja Kegiatan diskusi dan presentasi; (2)
Makalah kelangkaan Sumber Daya
Mengetahui,
Batam, 7 Januari 2020
Kepala SMP Hang
Kasturi, Guru Mata Pelajaran,
BAHARUDDIN SE.
M AMIN S.Ag
NUPTK 5633747650200012 NUPTK
6033747650200013
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
IPK:
3.3.2/IPK 4.3.3
Sekolah :
SMP Hang Kasturi Batam
Mata Pelajaran : IPS Kelas/Semester : VII (
tujuh )/Genap
Sub Materi Pokok :
Kebutuhan Manusia
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit (1
x pertemuan)
TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui model Problem Based
Learning dan metode Jigsaw
peserta didik diharapkan mampu mengklasifikasi
jenis-jenis kebutuhan manusia dan
macam-macam alat pemenuhan kebutuhan dengan tepat, dan mampu mempresentasikan laporan hasil
pemecahan masalah tentang kebutuhan manusia dengan lancar.
KEGIATAN PEMBELAJARAN Pertemuan ke-2
Kegiatan/
Sintaks
|
Deskripsi Kegiatan
|
PPK
|
Waktu
|
|||
Pendahuluan
|
1.
Mengucapkan salam, mengecek kebersihan kelas,
berdoa, menyanyikan lagu nasional, dan absensi.
2.
Memberi motivasi dengan bertanya
terkait
kelangkaan sumber daya. Misalnya: “Apa yang
dimaksud dengan kebutuhan manusia?“
|
Religius
Nasionalis
Peduli lingkungan
|
5’
|
|||
Kegiatan Inti
Tahap – 1
Orientasi peserta didik pada masalah
LITERASI
4Cs
HOTS
|
Creativity
Thinking and innovation
a) Guru menayangkan video atau gambar tentang kebutuhan
manusia.
b) Peserta didik membuat pertanyaan terkait tayangan gambar tersebut.
“Bagaimana
memanfaatkan alat pemenuhan kebutuhan manusia yang terbatas?”
|
Rasa ingin tahu
Berpikir kreatif
|
10’
|
|||
Tahap – 2
Mengorganisasi peserta didik |
Collaboration
M,.,.2. Masing-masing
anggota kelompok memiliki nomor sesuai urutan dari nomor 1 sampai dengan 4
atau 5.
3. Masing-masing/
4. Materi
diskusi: masing-masing kelompok nomor berdiskusi tentang:
Nomor 1 : macam-macam kebutuhan menurut tingkatan dan subyeknya.
Nomor 2 : macam-macam kebutuhan
menurut waktu dan sifat.
Nomor 3 : macam-macam alat
pemenuhan kebutuhan menurut tujuan dan hubungannya dengan barang lain.
Nomor 4 : macam-macam alat
pemenuhan kebutuhan menurut wujud dan kelangkaannya.
Nomor 5 : macam-macam alat
pemenuhan kebutuhan menurut proses terjadinya.
|
Kerjasama
|
5’
|
|||
Tahap – 3
Membimbing peyelidikan |
Critical
Thinking and Problem Solving
Guru mendorong peserta didik untuk mengumpulkan informasi yang
sesuai, untuk mendapatkan penjelasan dan pemecahan masalah
|
Berpikir kritis
|
20’
|
|||
Tahap – 4
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya |
Collaboration
5. Masing-masing kembali
pada kelompok asal untuk kemudian berbagi informasi yang telah didapatkan.
6. Guru membantu peserta
didik dalam merencanakan, menyiapkan, dan menyajikan
laporan yang sesuai.
|
Berpikir kreatif
|
20’
|
|||
Tahap – 5
Menganalisis & mengevaluasi proses pemecahan masalah |
Communication
a)
Guru meminta
peserta didik melakukan presentasi untuk menyajikan hasil laporan yang telah
mereka buat kepada teman-temannya.
b)
Melakukan
refleksi terhadap hasil pemecahan masalah yang telah dilakukan.
c)
Membimbing
peserta didik membuat kesimpulan kegiatan pembelajaran
|
Komuni-
katif
|
10’
|
|||
Penutup
|
1. Guru mengerjakan
tugas individu dalam buku paket halaman138.
2. Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
3. Peserta didik mengucapkan salam penutup kepada gurunya.
|
Mandiri
Kreatif
Religius
|
10’
|
PENILAIAN
Penilaian Sikap:
Observasi/Jurnal; Penilaian Pengetahuan: Tes
Tulis, Penugasan; Penilaian Keterampilan: Unjuk Kerja Kegiatan diskusi dan presentasi
Mengetahui,
Batam, 7 Januari 2020
Kepala SMP Hang
Kasturi, Guru Mata Pelajaran,
BAHARUDDIN SE.
M AMIN S.Ag
NUPTK 5633747650200012 NUPTK
6033747650200013
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
IPK:
3.3.3/IPK 4.3.4
Sekolah :
SMP Hang Kasturi Batam
Mata Pelajaran : IPS Kelas/Semester : VII (
tujuh )/Genap
Sub Materi Pokok :
Tindakan, Motif, dan Prinsip Ekonomi
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit (1
x Pertemuan)
TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui Model Problem Based
Learning peserta didik diharapkan mampu menganalisis hubungan antara tindakan, motif dan prinsip ekonomi
dengan tepat dan mampu menyajikan
laporan hasil diskusi tentang tindakan, motif, dan pinsip ekonomi dengan baik.
KEGIATAN PEMBELAJARAN Pertemuan ke-3
Kegiatan/
Sintaks
|
Deskripsi Kegiatan
|
PPK
|
Waktu
|
|||
Pendahuluan
|
3.
Mengucapkan salam, mengecek kebersihan kelas,
berdoa, menyanyikan lagu nasional, dan absensi.
4.
Memberi motivasi dengan bertanya
terkait
kelangkaan sumber daya.
Misalnya: “Apa yang mendorong ayahmu bekerja setiap hari?
|
Religius
Nasionalis
Peduli lingkungan
|
5’
|
|||
Kegiatan Inti
Tahap – 1
Orientasi peserta didik pada masalah
LITERASI
4Cs
HOTS
|
Creativity
Thinking and innovation
c) Guru menayangkan gambar tentang tindakan ekonomi
masyarakat.
d) Peserta didik menginterpretasi dan membuat pertanyaan dari hasil pengamatan gambar.
· Tindakan apa yang
dilakukan manusia tersebut?
· Apa yang mendorong/memotivasi manusia
melakukan tindakan tersebut?
· Bagaimana
cara manusia melakukan tindakan ekonomi untuk mencapai hasil maksimal?
|
Rasa ingin tahu
Berpikir kreatif
|
10’
|
|||
Tahap – 2
Mengorganisasi peserta didik |
Collaboration
Peserta
didik berbagi peran/tugas dalam kelompoknya untuk menyelesaikan masalah melalui arahan guru
|
Kerjasama
|
5’
|
|||
Tahap – 3
Membimbing peyelidikan |
Critical
Thinking and Problem Solving
Guru mendorong peserta didik untuk mengumpulkan data
dan informasi yang sesuai
dari berbagai referensi atau sumber, untuk mendapatkan penjelasan dan pemecahan masalah.
|
Berpikir kritis
|
20’
|
|||
Tahap – 4
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya |
Collaboration
a)
Masing-masing kelompok berdiskusi
untuk menghasilkan solusi pemecahan masalah.
b)
Guru
membantu peserta
didik dalam merencanakan, menyiapkan, dan menyajikan
laporan hasil
solusi pemecahan masalah.
|
Berpikir kreatif
|
20’
|
|||
Tahap – 5
Menganalisis & mengevaluasi proses pemecahan masalah |
Communication
d)
Guru meminta
peserta didik melakukan presentasi untuk menyajikan hasil laporan yang telah
mereka buat kepada teman-temannya.
e)
Melakukan
refleksi terhadap hasil pemecahan masalah yang telah dilakukan.
f)
Membimbing
peserta didik membuat kesimpulan kegiatan pembelajaran
|
Komuni-
katif
|
10’
|
|||
Penutup
|
4. Guru memberikan peserta didik tugas individu yang
ada dalam
buku paket halaman145.
5. Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
6. Peserta didik mengucapkan salam penutup kepada gurunya.
|
Mandiri
Kreatif
Religius
|
10’
|
PENILAIAN
Penilaian Sikap:
Observasi/Jurnal; Penilaian Pengetahuan: Tes
Tulis, Penugasan;
Penilaian Keterampilan: (1) Unjuk Kerja
Kegiatan diskusi dan presentasi
Mengetahui,
Batam, 6 Januari 2020
Kepala SMP Hang
Kasturi, Guru Mata Pelajaran,
BAHARUDDIN SE. M AMIN S.Ag
NUPTK 5633747650200012 NUPTK
6033747650200013
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
IPK:
3.3.4/IPK 4.3.5
Sekolah :
SMP Hang Kasturi Batam
Mata Pelajaran : IPS Kelas/Semester : VII (
tujuh )/Genap
Sub Materi Pokok :
Kegiatan Produksi
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit (1
x Pertemuan)
TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui Model Problem Based
Learning peserta didik diharapkan mampu menjabarkan kegiatan produksi dengan tepat dan mampu menyajikan laporan hasil diskusi
tentang kegiatan produksi dengan baik.
KEGIATAN PEMBELAJARAN Pertemuan ke-4
Kegiatan/
Sintaks
|
Deskripsi Kegiatan
|
PPK
|
Waktu
|
|||
Pendahuluan
|
5.
Mengucapkan salam, mengecek kebersihan kelas,
berdoa, menyanyikan lagu nasional, dan absensi.
6.
Guru memberi motivasi dengan bertanya terkait
kegiatan produksi.
Misalnya: “Siapakah yang
membuat atau menghasilkan barang/jasa ini?
7. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
|
Religius
Nasionalis
Peduli lingkungan
|
5’
|
|||
Kegiatan Inti
Tahap – 1
Orientasi peserta didik pada masalah
LITERASI
4Cs
HOTS
|
Creativity
Thinking and innovation
e) Guru menayangkan gambar tentang kegiatan produksi.
f) Peserta didik membuat pertanyaan dari hasil
pengamatan gambar.
·
Termasuk dalam bidang apa masyarakat
di atas melakukan produksi?
·
Apa yang membedakan antar ketiga
kegiatan produksi di atas?
·
Pertambahan nilai guna (utilitas)
barang apa yang dihasilkan oleh masing-masing gambar di atas?
·
Apabila dihadapkan pada ojek online,
permasalahan pokok ekonomi apa yang akan dihadapi oleh pelaku ojek
konvensional/ojek pangkalan?
·
Faktor produksi apa yang menyebabkan
ojek pangkalan kalah bersaing dengan ojol (ojek online)?
|
Rasa ingin tahu
Berpikir kreatif
|
10’
|
|||
Tahap – 2
Mengorganisasi peserta didik |
Collaboration
Peserta
didik berbagi peran/tugas dalam kelompoknya untuk menyelesaikan masalah melalui arahan guru
|
Kerjasama
|
5’
|
|||
Tahap – 3
Membimbing peyelidikan |
Critical
Thinking and Problem Solving
Guru mendorong peserta didik untuk mengumpulkan data
dan informasi terkait
nilai guna barang/jasa, permasalahan pokok produsen, dan faktor-faktor
produksi dari berbagai referensi atau
sumber, untuk mendapatkan
penjelasan dan pemecahan masalah.
|
Berpikir kritis
|
20’
|
|||
Tahap – 4
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya |
Collaboration
c)
Masing-masing kelompok berdiskusi
untuk menghasilkan solusi pemecahan masalah.
d)
Guru
membantu peserta
didik dalam merencanakan, menyiapkan, dan menyajikan
laporan hasil
solusi pemecahan masalah.
|
Berpikir kreatif
|
20’
|
|||
Tahap – 5
Menganalisis & mengevaluasi proses pemecahan masalah |
Communication
g)
Guru meminta
peserta didik melakukan presentasi untuk menyajikan hasil laporan yang telah
mereka buat kepada teman-temannya.
h)
Melakukan
refleksi terhadap hasil pemecahan masalah yang telah dilakukan.
i)
Membimbing
peserta didik membuat kesimpulan kegiatan pembelajaran
|
Komuni-
katif
|
10’
|
|||
Penutup
|
7. Guru memberikan peserta didik tugas kelompok membuat kliping
“Kegiatan Produksi”.
8. Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
9. Peserta didik mengucapkan salam penutup kepada gurunya.
|
Mandiri
Kreatif
Religius
|
10’
|
PENILAIAN
Penilaian Sikap:
Observasi/Jurnal; Penilaian Pengetahuan: Tes
Tulis, Penugasan;
Penilaian Keterampilan: (1) Unjuk Kerja,
kegiatan diskusi dan presentasi (2) Produk, membuat kliping kegiatan produksi
Mengetahui,
Batam, 7 Januari 2020
Kepala SMP Hang
Kasturi, Guru Mata Pelajaran,
BAHARUDDIN SE.
M AMIN S.Ag
NUPTK 5633747650200012 NUPTK
6033747650200013
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
IPK:
3.3.5/IPK 4.3.7
Sekolah :
SMP Hang Kasturi Batam
Mata Pelajaran : IPS Kelas/Semester : VII (
tujuh )/Genap
Sub Materi Pokok :
Kegiatan Distribusi
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit (1
x Pertemuan)
TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui Model Problem Based
Learning peserta didik diharapkan mampu menjabarkan kegiatan distribusi dengan tepat dan mampu menyajikan laporan hasil diskusi tentang
kegiatan distribusi dengan baik.
KEGIATAN PEMBELAJARAN Pertemuan ke-5
Kegiatan/
Sintaks
|
Deskripsi Kegiatan
|
PPK
|
Waktu
|
||
Pendahuluan
|
8.
Mengucapkan salam, mengecek kebersihan kelas,
berdoa, menyanyikan lagu nasional, dan absensi.
9.
Guru memberi motivasi dengan bertanya terkait
kegiatan distribusi.
Misalnya: “Darimana kalian
memperoleh barang/jasa yang dibutuhkan?
10. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
|
Religius
Nasionalis
Peduli lingkungan
|
5’
|
||
Kegiatan Inti
Tahap – 1
Orientasi peserta didik pada masalah
LITERASI
4Cs
HOTS
|
Creativity
Thinking and innovation
g) Guru menayangkan gambar tentang kegiatan distribusi.
h) Peserta didik membuat pertanyaan dari hasil
pengamatan gambar.
·
Kegiatan apa yang dilakukan manusia pada
gambar di atas?
·
Apa tujuan kegiatan distribusi?
·
Jelaskan bentuk distribusi dari
masing-masing gambar di atas!
·
Sebutkan contoh-contoh kegiatan
distribusi lainnya!
|
Rasa ingin tahu
Berpikir kreatif
|
10’
|
||
Tahap – 2
Mengorganisasi peserta didik |
Collaboration
Peserta
didik berbagi peran/tugas dalam kelompoknya untuk menyelesaikan masalah melalui arahan guru
|
Kerjasama
|
5’
|
||
Tahap – 3
Membimbing peyelidikan |
Critical
Thinking and Problem Solving
Guru mendorong peserta didik untuk mengumpulkan data
dan informasi terkait
pengertian, tujuan, macam-macam dan contoh-contoh kegiatan distribusi dari berbagai referensi atau sumber, untuk mendapatkan penjelasan dan
pemecahan masalah.
|
Berpikir kritis
|
20’
|
||
Tahap – 4
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya |
Collaboration
e)
Masing-masing kelompok berdiskusi
untuk menghasilkan solusi pemecahan masalah.
f)
Guru
membantu peserta
didik dalam merencanakan, menyiapkan, dan menyajikan
laporan hasil
solusi pemecahan masalah.
|
Berpikir kreatif
|
20’
|
||
Tahap – 5
Menganalisis & mengevaluasi proses pemecahan masalah |
Communication
j)
Guru meminta
peserta didik melakukan presentasi untuk menyajikan hasil laporan yang telah
mereka buat kepada teman-temannya.
k)
Melakukan
refleksi terhadap hasil pemecahan masalah yang telah dilakukan.
l)
Membimbing
peserta didik membuat kesimpulan kegiatan pembelajaran
|
Komuni-
katif
|
10’
|
||
Penutup
|
10. Guru memberikan peserta didik tugas kelompok membuat kliping
“Kegiatan distribusi”.
11. Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
12. Peserta didik mengucapkan salam penutup kepada gurunya.
|
Mandiri
Kreatif
Religius
|
10’
|
PENILAIAN
Penilaian Sikap:
Observasi/Jurnal; Penilaian Pengetahuan: Tes
Tulis, Penugasan;
Penilaian Keterampilan: (1) Unjuk Kerja,
kegiatan diskusi dan presentasi (2) Produk, membuat kliping kegiatan distribusi
Mengetahui,
Batam, 7 Januari 2020
Kepala SMP Hang
Kasturi, Guru Mata Pelajaran,
BAHARUDDIN SE.
M AMIN S.Ag
NUPTK 5633747650200012 NUPTK
6033747650200013
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
IPK:
3.3.6/IPK 4.3.8
Sekolah :
SMP Hang Kasturi Batam
Mata Pelajaran : IPS Kelas/Semester : VII (
tujuh )/Genap
Sub Materi Pokok :
Kegiatan Konsumsi
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit (1
x Pertemuan)
TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui Model Problem Based
Learning peserta didik diharapkan mampu menjabarkan kegiatan konsumsi dengan tepat dan mampu menyajikan laporan hasil diskusi
tentang kegiatan konsumsi dengan baik.
KEGIATAN PEMBELAJARAN Pertemuan ke-5
Kegiatan/
Sintaks
|
Deskripsi Kegiatan
|
PPK
|
Waktu
|
||
Pendahuluan
|
11. Mengucapkan salam, mengecek kebersihan kelas, berdoa, menyanyikan lagu
nasional, dan absensi.
12. Guru memberi
motivasi dengan bertanya terkait kegiatan
konsumsi.
Misalnya: “Apa yang kalian
lakukan untuk memenuhi kebutuhan?
13. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
|
Religius
Nasionalis
Peduli lingkungan
|
5’
|
||
Kegiatan Inti
Tahap – 1
Orientasi peserta didik pada masalah
LITERASI
4Cs
HOTS
|
Creativity
Thinking and innovation
i) Guru menayangkan gambar tentang kegiatan konsumsi.
j) Peserta didik membuat pertanyaan dari hasil
pengamatan gambar.
·
Apa yang dimaksud dengan kegiatan
konsumsi?
·
Apa tujuan dari kegiatan konsumsi?
·
Jelaskan kelompok rumah tangga pelaku
konsumsi!
·
Sebutkan contoh-contoh kegiatan
konsumsi lainnya!
|
Rasa ingin tahu
Berpikir kreatif
|
10’
|
||
Tahap – 2
Mengorganisasi peserta didik |
Collaboration
Peserta
didik berbagi peran/tugas dalam kelompoknya untuk menyelesaikan masalah melalui arahan guru
|
Kerjasama
|
5’
|
||
Tahap – 3
Membimbing peyelidikan |
Critical
Thinking and Problem Solving
Guru mendorong peserta didik untuk mengumpulkan data
dan informasi terkait
pengertian, tujuan, macam-macam dan contoh-contoh kegiatan konsumsi dari berbagai referensi atau sumber, untuk mendapatkan penjelasan dan
pemecahan masalah.
|
Berpikir kritis
|
20’
|
||
Tahap – 4
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya |
Collaboration
g)
Masing-masing kelompok berdiskusi
untuk menghasilkan solusi pemecahan masalah.
h)
Guru
membantu peserta
didik dalam merencanakan, menyiapkan, dan menyajikan
laporan hasil
solusi pemecahan masalah.
|
Berpikir kreatif
|
20’
|
||
Tahap – 5
Menganalisis & mengevaluasi proses pemecahan masalah |
Communication
m) Guru meminta peserta didik melakukan presentasi
untuk menyajikan hasil laporan yang telah mereka buat kepada teman-temannya.
n)
Melakukan
refleksi terhadap hasil pemecahan masalah yang telah dilakukan.
o)
Membimbing
peserta didik membuat kesimpulan kegiatan pembelajaran
|
Komuni-
katif
|
10’
|
||
Penutup
|
13. Guru memberikan peserta didik tugas kelompok membuat kliping
“Kegiatan konsumsi”.
14. Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
15. Peserta didik mengucapkan salam penutup kepada gurunya.
|
Mandiri
Kreatif
Religius
|
10’
|
PENILAIAN
Penilaian Sikap:
Observasi/Jurnal; Penilaian Pengetahuan: Tes
Tulis, Penugasan;
Penilaian Keterampilan: (1) Unjuk Kerja,
kegiatan diskusi dan presentasi (2) Produk, membuat kliping kegiatan konsumsi
Mengetahui,
Batam, 7 Januari 2020
Kepala SMP Hang
Kasturi, Guru Mata Pelajaran,
BAHARUDDIN SE.
M AMIN S.Ag
NUPTK 5633747650200012 NUPTK
6033747650200013
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
IPK: 3.3.7/IPK 4.3.9
Sekolah : SMP Hang
Kasturi Batam
Mata Pelajaran : IPS
|
Kelas/Semester : VII
( tujuh )/Genap
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit (1 x Pertemuan)
|
Sub Materi Pokok:
PERMINTAAN
|
1. Tujuan Pembelajaran
Peserta
didik diharapkan mampu menjelaskan konsep,
faktor-faktor yang mempengaruhi, kurva,
dan macam-macam permintaan.
2. Langkah-Langkah
Kegiatan Pembelajaran
2.1 Alat dan Bahan
2.1.1
Alat dan Media
Komputer, Proyektor, Slide Power
Point ( ppt)
2.1.2 Bahan
Kertas Karton, Penggaris, ATK
2.1.3 Pertanyaan
1)
Apa
yang dimaksud dengan permintaan?
2)
Bagaimana
harga barang lain dapat mempengaruhi permintaan terhadap suatu barang? Sebutkan
faktor-faktor lainnya yang mempengaruhi permintaan!
3)
Apa
yang dimaksud dengan kurva permintaan?
4)
Apa
perbedaan antara permintaan potensial dan permintaan efektif?
5)
Apa
perbedaan antara permintaan individu dan permintaan pasar?
2.2 Peserta didik berlatik praktik/mengerjakan
tugas berikut:
Perhatikan tabel harga dan
jumlah permintaan terhadap pencil di bawah!
No.
|
Harga per unit (P)
|
Jumlah barang yang diminta (Q)
|
1.
|
Rp500,-
|
25
|
2.
|
Rp1.000,-
|
20
|
3.
|
Rp1.500,-
|
15
|
4.
|
Rp2.000,-
|
10
|
5.
|
Rp2.500,-
|
5
|
Berdasarkan data di atas,
buatlah sebuah grafik yang menggambarkan hubungan antara harga barang (P) dan
jumlah barang yang diminta (Q) kemudian jelaskan arah pergerakan kurva
permintaan tersebut!
2.3 Peserta didik mempresentasikan hasilkerja
kelompok/individu
Peserta didik melalui kelompoknya
mempresentasikan hasil kerja ke depan kelas dan kelompok lain menanggapi.
2.4 Menyimpulkan dan Penilaian Pembelajaran
2.4.1 Kesimpulan
Pembelajaran
Peserta didik bersama-sama
dengan guru menyimpulkan materi yang telah dibahas.
2.4.2 Penilaian Pembelajaran
§
Sikap : Observasi/Jurnal;
§
Pengetahuan :
Tes Tulis, Penugasan;
§
Keterampilan : Unjuk
Kerja Kegiatan diskusi dan presentasi;
Mengetahui,
Batam, 7 Januari 2020
Kepala SMP Hang
Kasturi, Guru Mata Pelajaran,
BAHARUDDIN SE. M AMIN S.Ag
NUPTK 5633747650200012 NUPTK
6033747650200013
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
IPK: 3.3.8/IPK 4.3.10
Sekolah : SMP Hang
Kasturi Batam
Mata Pelajaran : IPS
|
Kelas/Semester : VII
( tujuh )/Genap
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit (Pertemuan ke-8)
|
Sub Materi Pokok:
PENAWARAN
|
1. Tujuan Pembelajaran
Peserta
didik diharapkan mampu menjelaskan konsep,
faktor-faktor yang mempengaruhi, kurva,
dan macam-macam penawaran.
2. Langkah-Langkah
Kegiatan Pembelajaran
2.1 Alat dan Bahan
2.1.1
Alat dan Media
Komputer, Proyektor, Slide Power
Point ( ppt)
2.1.2 Bahan
Kertas Karton, Penggaris, ATK
2.1.3 Pertanyaan
6)
Apa
yang dimaksud dengan penawaran?
7)
Bagaimana
biaya produksi dapat mempengaruhi jumlah penawaran terhadap suatu barang?
Sebutkan faktor-faktor lainnya yang mempengaruhi penawaran!
8)
Apa
bunyi hukum penawaran?
9)
Apa
yang dimaksud dengan kurva penawaran?
10)
Bagaimana
sifat kurva penawaran?
2.2 Peserta didik berlatik praktik/mengerjakan
tugas berikut:
Perhatikan tabel harga dan
jumlah penawaran terhadap pencil di bawah!
No.
|
Harga per unit (P)
|
Jumlah barang yang ditawarkan (Q)
|
1.
|
Rp3.500,-
|
25
|
2.
|
Rp3.000,-
|
20
|
3.
|
Rp2.500,-
|
15
|
4.
|
Rp2.000,-
|
10
|
5.
|
Rp1.500,-
|
5
|
Berdasarkan data di atas,
buatlah sebuah grafik yang menggambarkan hubungan antara harga barang (P) dan
jumlah barang yang ditawarkan (Q) kemudian jelaskan arah pergerakan kurva
penawaran tersebut!
2.3 Peserta didik mempresentasikan hasilkerja
kelompok/individu
Peserta didik melalui kelompoknya
mempresentasikan hasil kerja ke depan kelas dan kelompok lain menanggapi.
2.4 Menyimpulkan dan Penilaian Pembelajaran
2.4.1 Kesimpulan
Pembelajaran
Peserta didik bersama-sama
dengan guru menyimpulkan materi yang telah dibahas.
2.4.2 Penilaian Pembelajaran
§
Sikap : Observasi/Jurnal;
§
Pengetahuan :
Tes Tulis, Penugasan;
§
Keterampilan : Unjuk
Kerja Kegiatan diskusi dan presentasi;
Mengetahui,
Batam, 7 Januari 2020
Kepala SMP Hang
Kasturi, Guru Mata Pelajaran,
BAHARUDDIN SE.
M AMIN S.Ag
NUPTK 5633747650200012 NUPTK
6033747650200013
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
IPK: 3.3.9/IPK 4.3.11
Sekolah : SMP Hang
Kasturi Batam
Mata Pelajaran : IPS
|
Kelas/Semester : VII
( tujuh )/Genap
Alokasi Waktu : 6 x 40 menit (Pert. ke-9 s.d ke 11)
|
Sub Materi Pokok:
PASAR DAN HARGA
|
1. Tujuan Pembelajaran
Peserta
didik diharapkan mampu menjabarkan konsep,
fungsi, dan macam-macam pasar, serta
harga pasar.
2. Langkah-Langkah
Kegiatan Pembelajaran
|
2.1.1
Alat dan Media
Komputer, Proyektor, Slide Power
Point ( ppt)
2.1.2 Bahan
Kertas Karton, Penggaris, ATK
2.1.3 Pertanyaan
11)
Apa
yang dimaksud dengan pasar?
12)
Apa
maksud pasar berfungsi promosi?
13)
Apa
perbedaan antara pasar barang konsumsi dan pasar barang produksi?
14)
Jelaskan
pengertian harga pasar (harga keseimbangan)!
2.2 Peserta didik berlatih praktik/mengerjakan
tugas berikut:
2.1
Perhatikan tabel harga, jumlah
permintaan dan penawaran pencil berikut!
No.
|
Permintaan
|
Penawaran
|
||
Harga (P)
|
Jumlah barang yang diminta (Q)
|
Harga (P)
|
Jumlah barang yang ditawarkan (Q)
|
|
1.
|
Rp500,-
|
25
|
Rp3.500,-
|
45
|
2.
|
Rp1.000,-
|
20
|
Rp3.000,-
|
30
|
3.
|
Rp1.500,-
|
15
|
Rp2.500,-
|
25
|
4.
|
Rp2.000,-
|
10
|
Rp2.000,-
|
10
|
5.
|
Rp2.500,-
|
5
|
Rp1.500,-
|
5
|
Berdasarkan data
di atas: 1) Buatlah sebuah grafik yang menggambarkan hubungan antara kurva
permintaan dan kurva penawaran!; 2) Berapa harga dan jumlah pasar yang
terbentuk?
2.2 Laksanakan penelitian sederhana pasar berpedoman pada buku paket
hal 169 dalam “Aktivitas Kelompok”
2.3 Peserta didik mempresentasikan hasil kerja
kelompok/individu
Peserta didik melalui kelompoknya
mempresentasikan hasil kerja ke depan kelas dan kelompok lain menanggapi.
2.4 Menyimpulkan dan Penilaian Pembelajaran
2.4.1 Kesimpulan
Pembelajaran
Peserta didik bersama-sama
dengan guru menyimpulkan materi yang telah dibahas.
2.4.2 Penilaian Pembelajaran
§
Sikap : Observasi/Jurnal;
§
Pengetahuan :
Tes Tulis, Penugasan;
§
Keterampilan : Unjuk
Kerja Kegiatan diskusi dan presentasi; Produk laporan hasil penelitian
Mengetahui,
Batam, 7 Januari 2020
Kepala SMP Hang
Kasturi, Guru Mata Pelajaran,
BAHARUDDIN SE.
M AMIN S.Ag
NUPTK 5633747650200012 NUPTK
6033747650200013
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
IPK: 3.3.10/IPK 4.3.13
Sekolah : SMP Hang
Kasturi Batam
Mata Pelajaran : IPS
|
Kelas/Semester : VII
( tujuh )/Genap
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit (Pert. ke-12 s.d ke 13)
|
Sub Materi Pokok:
PERAN IPTEK DALAM KEGIATAN EKONOMI
|
1. Tujuan Pembelajaran
Melalui
model Problem Based Learning peserta
didik diharapkan mampu menganalisis pengaruh
dan peran Iptek dalam kegiatan
ekonomi dengan teliti.
|
2.1 Alat dan Bahan
2.1.1
Alat dan Media
Komputer, Proyektor
Slide Power Point ( ppt)
2.1.2 Bahan
Gambar salah satu kemajuan Iptek
ATK
2.1.3 Pertanyaan
Memotivasi peserta didik
mengajukan pertanyaan terkait gambar perkembangan Iptek di atas. Misalnya: (4Cs: Creativity Thinking an
Innovation)
15)
Apa
dampak positif dan negatif dari maraknya Online
Shopping di kalangan masyarakat sekarang ini?
16)
Apa
peran Online Shopping terhadap
kelangsungan kegiatan ekonomi?
2.2 Peserta didik berlatih, praktik,dan atau
mengerjakan pokok permasalahan yang telah dirumuskan:
2.2.1 Peserta didik berdiskusi
di dalam kelompoknya untuk menilai dan mengkaji penyelesaian masalah yang telah
dirumuskan. Setiap kelompok membuat laporan hasil diskusi.
(4Cs: Critical
Thinking and Problem Solving; Collaboration)
2.2.2 Mendiskusikan permasalahan berikut secara berkelompok
dengan anggota 4 -5 orang pada pertemuan selanjutnya:
“ Bagaimana sikap kalian terhadap modernisasi yang terjadi saat ini dan
upaya yang kalian lakukan agar kalian bisa mengendalikan modernisasi tersebut ?
“.
2.3 Peserta didik mempresentasikan hasil kerja
kelompok/individu
Peserta didik melalui kelompoknya
mempresentasikan hasil kerja ke depan kelas dan kelompok lain menanggapi. (4Cs:
Communication)
2.4 Menyimpulkan dan Penilaian Pembelajaran
2.4.1 Kesimpulan
Pembelajaran
Peserta didik bersama-sama
dengan guru menyimpulkan materi yang telah dibahas.
2.4.2 Penilaian Pembelajaran
§
Sikap : Observasi/Jurnal;
§
Pengetahuan :
Tes Tulis, Penugasan;
§
Keterampilan : Unjuk
Kerja Kegiatan diskusi dan presentasi;
Mengetahui,
Batam, 7 Januari 2020
Kepala SMP Hang
Kasturi, Guru Mata Pelajaran,
BAHARUDDIN SE.
M AMIN S.Ag
NUPTK 5633747650200012 NUPTK
6033747650200013
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
IPK: 3.3.11/IPK 4.3.14
Sekolah : SMP Hang
Kasturi Batam
Mata Pelajaran : IPS
|
Kelas/Semester : VII
( tujuh )/Genap
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit (Pertemuan ke-14)
|
Sub Materi Pokok:
Peran Kewirausahaan dalam Membangun Ekonomi Indonesia
|
1. Tujuan Pembelajaran
Melalui
model pembelajaran Student Team
Achievement Division (STAD) peserta didik diharapkan mampu menganalisis peran kewirausahaan dalam
membangun ekonomi Indonesia dengan teliti.
Apa yang harus dimiliki oleh seseorang apabila ingin berhasil dalam
melakukan usaha sendiri ?
|
2. Langkah-Langkah
Kegiatan Pembelajaran
2.1 Alat dan Bahan
2.1.1
Alat dan Media
Komputer, Proyektor, Slide Power
Point ( ppt)
2.1.2 Bahan
Gambar kegiatan produksi berbahan
baku barang bekas
ATK
2.1.3 Pertanyaan (4Cs: Creativity Thinking dan
Innovation)
Memotivasi peserta didik
mengajukan pertanyaan terkait gambar perkembangan Iptek di atas. Misalnya:
17)
Faktor-faktor
apa saja yang mendorong, munculnya semangat wirausaha?
18)
Bagimana
kaitan antara lemahnya semangat wirausaha dengan hasil produksi yang tidak
mampu bersaing ?
19)
Apakah
penjajahan dari bangsa Barat telah berdampak terhadap sikap rendah diri dan
apakah sikap rendah diri itu berpengaruh terhadap semangat berwirausaha ?
20)
Bangsa
Indonesia merupakan negara yang sebagaian besar penduduknya masih bergerak di
sektor pertanian dan perkebunan. Bagaimana peluang wirausaha dalam bidang
pertanian dan perkebunan di Indonesia !
2.2 Peserta didik berlatih praktik/mengerjakan
pokok permasalahan yang telah dirumuskan:
Peserta
didik diminta membentuk kelompok dengan anggota 3-4 siswa untuk mendiskusikan:
1) Kelompok 1 dan 5: Jelaskan faktor-faktor apa
yang mendorong, munculnya semangat wirausaha?
2) Kelompok 2 dan 6: bagimana kaitan antara
lemahnya semangat wirausaha dengan hasil produksi yang tidak mampu bersaing ?
3) Kelompok 3 dan 7: Apakah penjajahan dari
bangsa Barat telah berdampak terhadap sikap rendah diri dan apakah sikap rendah
diri itu berpengaruh terhadap semangat berwirausaha ?
4) Kelompok 4 dan 8: Bangsa Indonesia merupakan
negara yang sebagaian besar penduduknya masih bergerak di sektor pertanian dan
perkebunan. Bagaimana peluang wirausaha dalam bidang pertanian dan perkebunan
di Indonesia ! (4Cs: Critical Thinking and Problem Solving;
Collaboration)
2.3 Peserta didik mempresentasikan hasil kerja
kelompok/individu. (4Cs: Communication)
Peserta didik mempresentasikan laporan hasil diskusi
dengan ketentuan pembagian yaitu 4 kelompok sebagai penyaji dan 4 kelompok lainnya
sebagai penyanggah.
2.4 Menyimpulkan dan Penilaian Pembelajaran
2.4.1 Kesimpulan
Pembelajaran
§
Guru
memeriksa, dan mengumumkan nilai laporan hasil kerja kelompok sebagai skor awal
§
Peserta
didik bersama-sama dengan guru menyimpulkan materi yang telah dibahas.
2.4.2 Penilaian Pembelajaran
§
Sikap : Observasi/Jurnal;
§
Pengetahuan :
Tes Tulis, Penugasan;
§
Keterampilan : Unjuk
Kerja Kegiatan diskusi dan presentasi;
Mengetahui,
Batam, 7 Januari 2020
Kepala SMP Hang Kasturi,
Guru Mata Pelajaran,
BAHARUDDIN SE.
M AMIN S.Ag
NUPTK 5633747650200012 NUPTK
6033747650200013
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
IPK: 3.3.11/IPK 4.3.14
Sekolah : SMP Hang
Kasturi Batam
Mata Pelajaran : IPS
|
Kelas/Semester : VII
( tujuh )/Genap
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit (Pertemuan ke-15)
|
Sub Materi Pokok:
Peran Kewirausahaan dalam Membangun Ekonomi Indonesia
|
1. Tujuan Pembelajaran
Melalui
model pembelajaran Student Team
Achievement Division (STAD) peserta didik diharapkan mampu menganalisis peran kewirausahaan dalam
membangun ekonomi Indonesia dengan teliti.
2. Langkah-Langkah
Kegiatan Pembelajaran
2.1 Alat dan Bahan
2.1.1
Alat dan Media
Komputer, Proyektor, Slide Power
Point ( ppt)
2.1.2 Bahan
Tes (quizzes)
ATK
2.1.3 Pertanyaan (4Cs: Creativity Thinking dan
Innovation)
21)
Jelaskan
pengertian kreativitas!
22)
Jelaskan
pengertian inovasi!
23)
Sebutkan
ciri-ciri manusia yang kreatif!
24)
Jelaskan
pengertian kewirausahaan!
25)
Sebutkan
ciri-ciri manusia wirausaha!
26)
Sebutkan
peran kewirausahaan dalam membangun perekonomian Indonesia!
2.2 Peserta didik berlatih praktik/mengerjakan
tugas yang telah disediakan guru:
Peserta
didik mengerjakan tugas menjawab tes (quizzes) secara individu.
(4Cs: Critical Thinking and Problem Solving)
2.3 Peserta didik mempresentasikan hasil kerja
kelompok/individu. (4Cs: Communication)
Sudah
dilaksakan pada pertemuan sebelumnya
2.4 Menyimpulkan dan Penilaian Pembelajaran
2.4.1 Kesimpulan
Pembelajaran
§
Guru
memberikan nilai kelompok yang diperoleh dari penjumlahan skor peningkatan
masing-masing anggota dalam satu kelompok dan dirata-ratakan.
§
Guru
memberikan penghargaan kelompok dengan kriteria:
ü
Jika
rata-rata nilai peningkatan dalam kelompok 15-19, maka kelompok tersebut
disebut dengan kelompok baik.
ü
Jika
rata-rata nilai peningkatan
dalam kelompok 20-24, maka kelompok tersebut disebut dengan kelompok
terbaik.
ü
Jika
rata-rata nilai peningkatan dalam
kelompok lebih besar atau sama dengan 25, maka kelompok tersebut disebut dengan
kelompok super.
§
Peserta
didik bersama-sama dengan guru menyimpulkan materi yang telah dibahas.
2.4.2 Penilaian Pembelajaran
§
Sikap : Observasi/Jurnal;
§
Pengetahuan :
Tes Tulis, Penugasan;
§
Keterampilan : Produk
kreativitas hasil karya peserta didik;
Mengetahui,
Batam, 7 Januari 2020
Kepala SMP Hang
Kasturi, Guru Mata Pelajaran,
BAHARUDDIN SE.
M AMIN S.Ag
NUPTK 5633747650200012 NUPTK
6033747650200013
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
IPK: 3.3.12/IPK 4.3.16
Sekolah : SMP Hang
Kasturi Batam
Mata Pelajaran : IPS
|
Kelas/Semester : VII
( tujuh )/Genap
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit (Pertemuan ke-16)
|
Sub Materi Pokok:
Hubungan antara Kelangkaan dengan Permintaan-Penawaran
untuk Kesejahteraan dan Persatuan Bangsa Indonesia
|
1. Tujuan Pembelajaran
Melalui
model Problem Based Learning dan
metode Jigsaw peserta didik
diharapkan mampu menghubungkan
antara kelangkaan dengan permintaan-penawaran untuk meningkatkan kesejahteraan
manusia dengan teliti.
|
2.1 Alat dan Bahan
2.1.1
Alat dan Media
Komputer, Proyektor
Slide Power Point ( ppt)
2.1.2 Bahan
Gambar pengangkutan barang
ATK
2.1.3 Pertanyaan (4Cs: Creativity Thinking an
Innovation)
Memotivasi peserta didik
mengajukan pertanyaan terkait gambar pengangkutan barang di atas. Misalnya:
27)
Bagaimana
kelangkaan sumber daya dihubungkan dengan pemenuhan kebutuhan manusia?
28)
Bagaimana
upaya yang dilakukan untuk mengatasi daerah yang kekurangan sumber daya?
29)
Bagaimana
peran transportasi untuk mengatasi kelangkaan sumber daya?
30)
Bagaimana
kegiatan distribusi barang yang dilakukan antar daerah?
31)
Bagaimana
peran pasar dalam pemenuhan kebutuhan masyarakat ?
2.2 Peserta didik berlatih, praktik,dan atau
mengerjakan pokok permasalahan yang telah dirumuskan:
1)
Bentuk
kelompok asal dengan anggota antara
4 – 5 orang per kelompok dengan masing-masing anggota kelompok diberi nomor
secara berururtan dari nomor 1 sampai dengan 5.
2)
Setiap
anggota yang memiliki nomor sama berkumpul mendiskusikan tugas yang telah
dibagi dalam kelompok ahli.
3)
Masing-masing
anggota kelompok kembali pada kelompok
asal untuk berbagi hasil diskusi
4)
Setiap
kelompok membuat laporan hasil diskusi.
(4Cs: Critical Thinking and Problem Solving;
Collaboration)
2.3 Peserta didik mempresentasikan hasil kerja
kelompok/individu
Peserta didik melalui kelompoknya
mempresentasikan hasil kerja ke depan kelas dan kelompok lain menanggapi. (4Cs:
Communication)
2.4 Menyimpulkan dan Penilaian Pembelajaran
2.4.1 Kesimpulan
Pembelajaran
Peserta didik bersama-sama
dengan guru menyimpulkan materi yang telah dibahas.
2.4.2 Penilaian Pembelajaran
§
Sikap : Observasi/Jurnal;
§
Pengetahuan :
Tes Tulis, Penugasan;
§
Keterampilan : Unjuk
Kerja Kegiatan diskusi dan presentasi;
Mengetahui, Batam, 7
Januari
2020
Kepala SMP Hang
Kasturi, Guru Mata Pelajaran,
BAHARUDDIN SE.
M AMIN S.Ag
NUPTK 5633747650200012 NUPTK
6033747650200013
Tidak ada komentar:
Posting Komentar